keIslaman Abu Bakar - RUMAH QURAN Network

02 November 2016

keIslaman Abu Bakar

Abu bakar bin Abu Quhafa dari kabilah Bani Taim adalah teman akrab Rasulullah SAW sejak zaman sebelum Islam. Rasulullah SAW amat menyukai sahabatnya itu karena Abu Bakar adalah orang yg bersih, jujur dan dapat dipercaya.

Suatu hari, Abu Bakar mendengar desas-desus tentang Rasulullah SAW. Beliau segera keluar mencari sahabatnya itu. Ketika mereka bertemu, Abu Bakar bertanya kepada Rasulullah, "Wahai Abu Qasim (salah satu panggilan Rasulullah), ada apa dgnmu? Kini engkau tidak lagi terlihat di majelis kaummu dan kudengar orang-orang menuduh bahwa engkau telah berkata buruk tentang nenek moyangmu dan masih banyak lagi yang mereka katakan."

"Sesungguhnya, aku adalah utusan Allah," sabda Rasulullah SAW, "Allah mengutusku untuk menyampaikan risalah-Nya. Sekarang aku mengajak kamu kepada agama Allah dengan keyakinan yang benar. Demi Allah, sesungguhnya, apa yg kusampaikan adalah kebenaran. Wahai Abu Bakar, aku mengajak kamu untuk menyembah Allah yang Maha Esa, yang tidak ada sekutu bagi-Nya, dan janganlah menyembah kepada selain-Nya, dan untuk selamanya kamu taat kepada-Nya."

Adik-adik tersayang, Rasulullah memperdengarkan beberapa ayat Al Quran. Selesai Rasulullah bicara, Abu Bakar langsung memeluk Islam. Melihat keIslaman sahabatnya itu, Rasulullah amat gembira. Tidak seorangpun yang ada di antara dua gunung di Mekkah yang kegembiraannya melebihi kegembiraan Rasulullah saat itu.

Abu Bakar segera mengumumkan keIslamannya itu kepada teman-temannya. Beliau juga mengajak mereka mengikuti Rasulullah. Dalam waktu singkat, Utsman bin Affan, Thalhah bin Ubaidillah, Zubair bin Awwam dan Sa'ad bin Abu Waqash pun menemui Rasulullah dan masuk Islam.

No comments: