Kalimat Syahadat dan Artinya - RUMAH QURAN Network

26 February 2018

Kalimat Syahadat dan Artinya


Sebagai seorang muslim kita harus mengamalkan apa-apa yang diajarkan dalam ajaran agama Islam. Umat Islam diharuskan untuk mengamalkan lima rukun-rukun yang terdapat dalam rukun Islam, yaitu syahadat, shalat, zakat, puasa dan juga ibadah haji ke tanah suci.
Syahadat adalah rukun Islam yang pertama. Asy-syahadah atau syahadat merupakan asas dan dasar dari 5 rukun Islam itu sendiri yang merupakan inti dan landasan dari ajaran Islam.
Syahadat berasal dari kata-kata bahasa Arab yaitu syahida yang berarti telah menyaksikan. Dalam syariat Islam syahadat berarti sebuah pernyataan kepercayaan dalam keesaan Allah SWT dan Nabi Muhammad sebagai Rasul utusan-Nya.
Secara umum, pengertian syahadat berarti bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang pantas disembah selain Allah SWT dan mengakui bahwa Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah.
Syahadat dilaksanakan dengan mengucapkan dua kalimat syahadat secara lisan, sambil membenarkan pernyataan tersebut di dalam hati serta mengamalkannya melalui perbuatan.
Kalimat syahadat adalah pondasi dasar ajaran Islam. Dua kalimat syahadat memiliki arti dan makna yang agung dan konsekuensi yang besar dan ditanggung oleh orang yang mengucapkannya.
Karena itu, kita sebagai umat Islam wajib memahami dan mengamalkan kandungan yang terdapat dalam kalimat syahadat tersebut.
Bacaan Dua Kalimat Syahadat
أشهد أن لا اله الا الله وأشهد ان محمد رسول الله
‘Asyhadu an laa ilaaha illallāh wa asyhadu anna Muhammad Rasuulullāh.’
Artinya: ‘Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah rasul (utusan) Allah.’
Makna SyahadatDua kalimat syahadat memiliki makna-makna yang terkandung di dalam bacaannya. Pertama adalah pengakuan ketauhidan, dimana umat muslim hanya mempercayai bahwa tidak ada Tuhan selain Allah SWT.
Dalam hal ini pengakuan keesaan Allah ada pada lafadz syahadat yang pertama yaitu Asyhadu an laa ilaaha illallah yang berarti ‘Saya bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah‘.
Selain itu kalimat syahadat juga bermakna pada pengakuan kerasulan. Dalam hal ini umat Islam meyakini jika Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah.
Muslim meyakini dan mempercayai bahwa ajaran Allah seperti yang disampaikan melalui Nabi Muhammad SAW.
Pengakuan kerasulan Nabi Muhammad ada pada lafadz syahadat yang kedua yaitu wa asyhadu anna Muhammad Rasuulullāh yang berarti ‘dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah rasul (utusan) Allah‘.
Kaligrafi SyahadatItulah informasi mengenai bacaan dua kalimat syahadat beserta penjelasan, arti terjemahan dan juga maknanya.
Sebagai seorang muslim, tentunya kita harus terus mengamalkan makna utama dari syahadat, yang termasuk rukun Islam pertama. Semoga info tersebut bermanfaat.

No comments: