Bulan ini dalam Hijriah - Dzulhijah - RUMAH QURAN Network

15 July 2021

Bulan ini dalam Hijriah - Dzulhijah



1 Dzulhijah - Dari Surga, Nabi Adam dan Hawa (istri Nabi Adam) diturunkan ke Bumi pada hari ini dan sejak itu pula Allah SWT mengampuni dosa kesalahan keduanya yang telah memakan buah terlarang saat tinggal di Surga. Seperti halnya Nabi Adam dan Hawa, setiap manusia yang berpuasa pada hari ini maka akan diampuni dosa-dosa kecil miliknya oleh Allah SWT.

2 Dzulhijah - Ketika Nabi Yunus dimakan oleh ikan besar (ikan paus), beliau berdoa kepada Allah SWT. Dan pada hari ini lah doa Nabi Yunus dikabulkan oleh Allah SWT sehingga beliau dimuntahkan dari ikan besar tersebut dan terdampar kembali ke daratan. Sebelumya Nabi Yunus meninggalkan kewajibannya untuk berdakwah pada kaumnya hingga berlayar dan ditakdirkan dimakan oleh ikan besar. Seperti halnya Nabi Yunus, setiap manusia yang berpuasa di hari ini maka sebanding dengan berpuasa selama setahun tanpa mendurhakai Allah SWT.

3 Dzulhijah - Saat Nabi Zakaria belum dikaruaniai anak hingga tua berumur 120 tahun, beliau selalu berdoa kepada Allah SWT agar istrinya yang mandul melahirkan seorang putra. Allah SWT mengabulkan doa beliau pada hari ini dan istri Nabi Zakaria mulai mengandung putranya. Seperti halnya Nabi Zakaria, setiap manusia yang berpuasa pada hari ini maka Allah SWT akan mengabulkan segala permohonannya.

4 Dzulhijah - Di hari inilah Nabi Isa terlahir ke Bumi dari Ibunda Maryam. Sebagaimana dijelaskan dalam surat Ali Imran ayat 42-47 bahwa Malaikat Jibril telah menyampaikan kabar kepada Maryam bahwa beliau kelak akan melahirkan anak laki-laki yang suci, yaitu Nabi Isa.

5 Dzulhijah - Di hari inilah Nabi Musa terlahir ke Bumi. Sebagaimana dikisahkan bahwa Nabi Musa lahir pada saat Fir’aun menerapkan kebijakan untuk membunuh semua anak laki-laki yang terlahir di tanah Mesir. Ibunda Nabi Musa memutuskan menyelamatkan anaknya dengan menghanyutkan Nabi Musa ke sungai Nil hingga kemudian ditemukan oleh Asiyah, istri Fir’aun dan dirawatnya hingga dewasa.

8 Dzulhijah - Pada hari ini, Allah SWT memerintahkan Nabi Ibrahim untuk membangun Ka’bah. Setelah beliau menyelesaikan pembangunan ini, beliau merenungi apakah yang dilakukan mendapat pahala atau tidak.

9 Dzulhijah - Disebut juga sebagai hari Arafah. Pada hari itu, Nabi Ibrahim diperintahkan oleh Allah SWT untuk menyembelih putera beliau, Ismail. Sebagaimana diabadikan dalam Al-Quran, "Wahai putraku sesungguhnya aku bermimpi seolah-olah aku menyembelihmu, pikirkanlah pendapatmu. Ia (Ismail) berkata 'Wahai Ayahku ke melaksanakan apa yang diperintahkan itu. Insya Allah engkau dapati aku akan bersabar".(QS Ash-Shaffat ayat 10).

10 Dzulhijah - diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Qurban. Di hari inilah Nabi Ibrahim melaksanakan perintah Allah SWT yang didapat pada hari sebelumnya, yaitu menyembelih atau mengkurbankan Ismail. 

No comments: