Bulan ini dalam Hijriah - Rajab - RUMAH QURAN Network

02 February 2022

Bulan ini dalam Hijriah - Rajab


Di bulan ini, pada tahun kelima setelah menerima wahyu, Nabi Muhammad SAW hijrah yang pertama kalinya ke Habasyah (Ethopia). Saat itu, Habasyah dipimpin oleh seorang raja yang bijaksana bernama Najasyi. Hijrah ini dilakukan dengan bertujuan untuk menyelamatkan umat Islam dari gangguan kaum kafir Makkah yang sangat memusuhi mereka. Pada masa-masa awal dakwah Rasulullah di Makkah, banyak orang kafir yang menolak risalah Islam dan memusuhi Rasulullah dan orang-orang yang beriman kepada beliau.

Di bulan ini, pada tahun 9 Hijriah (630 M) terjadilah perang Tabuk dengan kemenangan kaum Musliminn terhadap bangsa Romawi.

Di bulan ini, pada tahun 14 Hijriah (635 M) pasukan umat Islam dipimpin oleh panglima Abu Ubaidah bin al-Jarrah dan Khalid bin al-Walid berhasil menaklukan kota Damaskus dari bangsa Romawi. Setahun kemudian pada tahun 15 Hijriah (636 M), terjadi peperangan Yarmuk di bawah komando Khalid bin Al-Walid.

Di pertengahan bulan ini di tahun hijrahnya Nabi Muhammad SAW ke Madinah, beliau mengubah arah kiblat dari Baitul Maqdis (Masjid al-Aqsha) ke Ka’bah di Makkah.

Di akhir bulan Rajab pada tahun 204 H, Imam Asy Syafii wafat di usianya yang menginjak ke 54 tahun.

13 Rajab - Ali bin Abi Thalib lahir pada hari ini sekitar 23 tahun pra hijriah atau 599 Masehi di Makkah. Beliau adalah seorang Khalifah yang keempat di dalam periode tahun 656 M sampai 661 M. Beliau juga salah satu orang yang pertama kali mengimani risalah Nabi Muhammad SAW dari kalangan anak anak. Beliau juga adalah sepupu Nabi Muhammad SAW. sekaligus menantu setelah menikahi Fatimah, putri Nabi.

24/25 Rajab 261 Hijriah - Pada hari ini, Imam Muslim wafat. Beliau dilahirkan di Naisabur pada tahun 202 Hijriah (817 M). Nama lengkapnya adalah Imam Abu Al Husein Muslim bin Al Hajjaj bin Muslim bin Kausaj Al-Qusyairi Al-Naisaburi.

27 Rajab - Rasulullah SAW melaksanakan Isra’ Mi’raj dan pada peristiwa ini Rasulullah SAW. menerima perintah shalat lima waktu dalam sehari semalam. Pada hari ini di tahun 583 Hijriah, Salahuddin Al Ayyubi berhasil membebaskan Baitul Maqdis atau Al-Aqsa di Palestina terjadi.




No comments: